Misteri Simbol Tersembunyi di Balik Borobudur



Candi Borobudur adalah candi kuno peninggalan agama Budha pada masa Dynasti Syailendra,yang diarsiteki oleh GUNDHADHARMA dan dibangun sebagai tempat semedi,atau untuk mengheningkan cipta.

Nama Borobudur dari kata Boro dan Budur, Boro berarti kuil atau candi, dari bahasa sansekerta "Byara".Sedangkan Budur mengigatkan kita pada bahasa bali yaitu "Beduhur" berarti di atas bukit.

Candi Borobudur dibangun di atas bukit dengan bentuk piramida berundak. Candi ini terbuat dari susunan batu andesit yang jumlahnya lebih dari 2.000.000 blok batu. Apabila kita perhatikan lebih jauh candi ini berbentuk stupa akan tetapi bila kita mendekatinya,terlihat dua benda atau gaya bangunan. bangunan atas berbentuk stupa induk berlandaskan tiga teras bulat,gaya ini menggambarkan gaya arsitektur India. Sedangkan bagian bawah merupakan bangunan piramida berundak,berbentuk persegi berbentuk banyak.Bentuk ini menggambarkan gaya arsitektur Jawa,akan tetapi dua bangunan tersebut merupakan satu kesatuan,dan keseluruhannya menyerupai stupa.

Stupa yang ada di candi Borobudur sesuai dengan konsep agama Budha merupakan replika daripada alam semesta. Candi Borobudur tidak mempunyai ruangan di dalamnya. Kita hanya dapat melihat dan mengaguminya dengan berjalan mengelilingi candi tersebut yang disebut "Pradaksina"(berjalan dari arah kanan).Menurut agama Budha berarti memberikan penghormatan pada roh-roh baik.


Di relung-relung pada tingkat Rupadhatu terdapat arca sebanyak 432 buah,yang disebut "Dyani Budha" yang mempunyai sikap tangan yang berbeda.Sikap ini disebut "MUDRA".

Pada sisi sebelah Timur disebut "Aksobya" dengan sikap tangan Bumi Sparsa yang melambangkan kekuatan iman.


Sisi sebelah Selatan disebut "Ratna Sambawa" dengan sikap tangan Wara Mudra melambangkan cinta kasih.


Sisi sebelah Barat disebut "Amitaba" dengan sikap tangan Dyana Mudra melambangkan sedang bersemedi atau meditasi

Sisi sebelah Utara disebut "Amogasidha" dengan sikap tangan Abhaya Mudra melambangkan tidak takut terhadap bahaya.


Source : http://forum.viva.co.id/misteri/1455722-misteri-simbol-tersembunyi-di-balik-borobudur.html
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kejadian Langka - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger