Ketahui Bahaya Asap Rokok yang Menempel pada Perabotan


Menurut studi terbaru, perokok pasif tak hanya mendapatkan bahaya asap langsung dari perokok. Mereka juga berisiko terkena sisa residu rokok yang menempel pada benda sekitar.

Para peneliti telah menemukan lebih dari 4 ribu kandungan berbahaya yang berasal dari udara yang dikeluarkan perokok. Kandungan zat tersebut dapat beraksi dengan ozon dan asam nitrogen, di mana akan menciptakan kandungan zat baru bersifat karsinogenik.

Salah satu residu dikenal sebagai noxious residue, mampu menempel pada lapisan permukaan benda sekitar dan bertahan dalam waktu cukup lama. Residu ini sangat berbahaya, khususnya bagi anak-anak, karena dapat menempel pada mainan anak.
Zat yang biasa disebut NNA ini mampu menempel pada DNA manusia dan dapat menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak normal bahkan menjurus ke arah tumor atau kanker.
"Argumen terbaik untuk membuat larangan merokok di dalam ruangan sebenarnya asap dari tangan ketiga," ujar Dr Bo Hang dari Lawrence Berkeley National Laboratory seperti dilansir laman Daily Mail.

Dr Hang menyatakan bahwa anak, khususnya balita, sering merangkak dan meletakkan mainan pada mulutnya. Hal ini berkemungkinan anak menelan residu asap rokok yang menempel pada mainan tersebut.
Oleh karena itu, Dr Hang mengimbau agar perokok tidak merokok di dalam ruangan, terutama bagi mereka yang mempunyai anak masih balita. Namun, tetap saja bagi orangtua yang membawa anaknya, dianjurkan untuk memperhatikan aktivitas anak.

Cara terbaik untuk mengatasi hal ini jika sudah terjadi adalah mengganti seluruh perabotan yang berisiko mengontaminasi kesehatan anak. Namun, cara paling mudah dan cukup aman adalah dengan rajin membersihkannya menggunakan penyedot debu atau mencucinya. 
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kejadian Langka - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger