Inilah Daftar Batu Mulia Termahal Di Indonesia



Harga batu mulia yang lebih dikenal dengan nama batu permata adalah sesuatu yang sulit ditentukan karena sifatnya berubah ubah. 



Benitoite adalah sebuah permata yang langka, batu permata ini berasal dari dataran California. Benitoite pertama kali dipublikasikan oleh George D. Louderback (tahun 1907), diberi nama benitoite karena lokasi penemuannya di hulu sungai San Benito yang terletak di San Benito County, California, USA. Benitoite permata memiliki warna safir biru, juga memiliki transparansi yang sangat baik dan berkilau. Karena kelangkaan dan kurangnya ketersediaan yang ada, Benitoite bisa sangat mahal per karat. Composisi: Barium, Titanium, Silicon, Oxygen Harga Pasaran: $3000-$4000 per karat. Jika di rupiahkan kurang lebih harganya Rp 38.895.000 sampai Rp 51.860.000 per karat.

Beryl merah atau biasa di sebut juga dengan istilah Bixbite pertama kali di publikasikan pada tahun 1904 berdasarkan penemuan Maynard’s Claim di Gunung Thomas tepatnya di Utah Barat, USA. Bixbite dinamakan seperti Maynard Bixby (1853-1935), seorang Mineralogist berkebangsaan Amerika. Nama “Bixbite” sekarang telah di sahkan oleh CIBJO, Konfederasi Perhiasan Dunia, agar dapat dibedakan dengan mineral lainnya, yaitu bixbyite, maka dapat dinamai juga dengan Maynard Bixby. Violet Beryl merah atau bixbite adalah salah satu batu permata paling langka di dunia. Composisi: Beryllium, Aluminum, Silicon, Oxygen Harga Pasaran: $10,000 per karat. harga batu ini dalam rupiah kira kira Rp 129.650.000 per karat.

Alexandrite adalah anggota dari keluarga mineral chrysoberyl bersama dengan Chrysoberyl Cat’s-eye (mata kucing). Permata ini unik, karena Alexandrite memiliki kemampuan untuk mengubah warna (color change). Batu Alexandrite berwarna hijau atau hijau kebiruan di bawah sinar matahari dan juga di bawah cahaya lampu normal atau fluorescent, tapi berubah ke nuansa merah atau coklat kemerahan/merah keunguan ketika ditampilkan di bawah lampu pijar. Apabila sifatnya berubah warna dari warna hijau rumput menjadi warna merah dengan perubahan yang signifikan (amat langka), maka akan bernilai tinggi. Composisi: Beryllium, Aluminum, Oxygen Harga Pasaran: $12,000 per karat. Harga fantastis jika dirupiahkan menjadi Rp 155.580.000 per karat.

Batu Giok adalah batu yang sudah sangat umum diketahui masyarakat dunia. Pada zaman Kerajaan Tiongkok, batu giok ini sangat diminati oleh masyarakat nya dan menjadi salah satu batu tradisional khas Tiongkok. Ada dua Jenis Batu Giok yaitu Nephrite dan juga Jadeite. Batu giok jenis Nephrite biasanya berwarna putih, sedangkan batu yang berwarna biru kehijauan, oranye kemerahan, atau lavender adalah jenis jadeite. Jenis jadeite ini adalah batu yang sangat langka dan dinilai sangat berharga.

Yang menjadikan batu giok ini cukup mahal adalah karena memiliki nilai keras yang tinggi. Untuk jenis nephrite nilai kerasnya adalah 6-6,5, sedangkan untuk jadeite nilai kerasnya adalah 6,5-7. batu ini memiliki julukan “the toughes gemstone” yang berarti batu terkuat diantara batu mulia yang lainnya. Bahkan batu giok ini dinilai lebih kuat dari batu intan atau berlian. Batu intan memang memiliki julukan batu paling keras, namun jika terbentur dengan sangat keras, batu intan bisa retak atau patah. Berbeda halnya dengan batu giok yang sudah terbukti lebih kuat dari batu intan. Composisi Sodium, Aluminum, Iron, Silicon, Oxygen Harga pasaran $20,000 per karat. Dalam rupiah harga batu mulia ini Rp 259.300.000 per karat
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kejadian Langka - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger